Pengertian Organisasi Lini Dan Staf
Pengertian organisasi lini dan staf
Organisasi Lini dan Staf adalah kombinasi dari organisasi lini dan organisasi fungsional. Pelimpahan wewenang dalam organisasi ini berlangsung secara vertikal dari seorang atasan pimpinan hingga pimpinan dibawahnya.
Apa yang dimaksud dengan organisasi lini?
Organisasi lini merupakan bentuk organisasi yang di dalamnya terdapat garis wewenang secara vertikal, antara atasan dengan bawahan. Oleh karena bentuknya vertikal, orang yang memegang jabatan rendah harus bertanggung jawab kepada atasan.
Apa yang dimaksud dengan organisasi staf?
organisasi garis dan staf yaitu jenis organisasi dimana pimpinan di bantu oleh staf yang ahli di bidang tertentu, memberikan komando di dalam melaksanakan tugasnya.
Bagaimana ciri ciri dari organisasi lini dan staf?
Ciri ciri sistem organisasi lini dan staf antara lain :
- Memiliki jumlah karyawan yang banyak.
- Merupakan suatu organisasi besar.
- Hubungan antara atasan dan bawahan dilakukan secara tidak langsung.
Ada 4 macam organisasi apa saja?
Macam-Macam Organisasi
- Organisasi Formal atau Legal.
- Organisasi Internasional. ...
- Hybrid Organization. ...
- Organisasi Informal atau Voluntary Association. ...
- Organisasi Rahasia atau Ilegal.
Organisasi mempunyai 3 bentuk apa saja bentuk organisasi itu?
Ada tiga bentuk organisasi, yaitu: organisasi garis/lini/jalur, organisasi garis dan staf, dan bentuk organisasi fungsional.
Apa kekurangan dari organisasi staf?
Kelemahan sistem organisasi garis dan staf antara lain sebagai berikut.
- Rasa solidaritas kurang karena antar individu dalam organisasi tidak selalu saling mengenal.
- Pelaksana sering bingung untuk membedakan mana nasihat dan mana perintah, sebab dalam organisasi yang besar ada staf yang menerima kewenangan memerintah.
Apa kekurangan dari organisasi garis dan staf?
Kelamahan sistem organisasi garis dan staf yaitu: Hanya bisa digunakan pada organisasi yang besar. Dana yang dibutuhkan besar sebab kompleknya susunan organisasi. Sering terjadi kesalahan koordinasi. Solidaritas antar karyawan lemah, sebab banyaknya keanggotaan dalam organisasi.
Apa saja keuntungan organisasi lini?
Terdapat beberapa kelebihan jika menggunakan struktur organisasi ini melancarkan pekerjaan suatu organisasi, antara lain: Memiliki kesatuan komando atau pemimpin yang baik dan sudah pasti terjamin.
Apa saja ciri ciri bentuk organisasi lini dan fungsional?
Adapun ciri khas dari bentuk organisasi lini dan fungsional, yaitu : Tidak tampak adanya perbedaan tugas-tugas pokok dan tugas-tugas yang bersifat bantuan. Terdapat spesialisasi yang maksimal. Tidak ditonjolkan perbedaan tingkatan dalam pemabagian kerja.
Apa kelebihan dari organisasi garis dan staf?
Tipe organisasi garis dan staf fleksibel (luwes) karena dapat ditempatkan pada organisasi besar maupun kecil. Pengembalian keputusan relatif mudah, karena mendapat bantuan/sumbangn pemikiran dari staf. Koordinasi mudah dilakukan, karena ada pembagian tugas yang jelas.
Bagaimana karakteristik dari organisasi lini?
ciri-ciri dari organisasi lini adalah: Koordinasi dan komando antara atasan dan bawahan bersifat langsung, melalui satu garis wewenang. Selain Pimpinan tertinggi, maka bawahannya hanya sebagai pelaksana (bukan sebagai perencana) Pekerja dalam perusahaan relatif sedikit.
Apa saja unsur unsur struktur organisasi?
Elemen struktur organisasi
- Spesialisasi pekerjaan. Sejauh mana tugas-tugas dalam organisasi dibagi-bagi ke dalam beberapa pekerjaan tersendiri.
- Departementalisasi. Dasar yang dipakai untuk mengelompokkan pekerjaan secara bersama-sama.
- Rantai komando. ...
- Rentang kendali. ...
- Sentralisasi dan Desentralisasi. ...
- Formalisasi.
Fungsi organisasi ada berapa?
Berikut di antaranya fungsi organisasi: Pertama, fungsi organisasi memberi arahan dan aturan. Serta pembagian kerja mengenai apa yang harus dan tidak boleh dilakukan oleh para anggota dalam organisasi. Fungsi organisasi selanjutnya ialah untuk meningkatkan skill dan kemampuan dari anggota organisasi.
Apa tujuan dari organisasi?
Tujuan organisasi secara umum adalah sebagai berikut: Mencapai atau merealisasikan keinginan atau cita-cita bersama dari tiap anggota organisasi. Mendapat keuntungan dan penghasilan bersama-sama. Mengatasi terbatasnya kemandirian dan kemampuan pribadi untuk mencapai tujuan bersama.
Apa itu organisasi dan contoh nya?
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), organisasi adalah suatu kesatuan atau susunan yang terdiri atas orang-orang dalam perkumpulan untuk mencapai tujuan bersama. Contohnya seperti sekelompok orang yang bekerja sama, layaknya asosiasi lingkungan, amal, serikat pekerja, atau perusahaan.
Apa saja fungsi dari struktur organisasi?
Fungsi Struktur Organisasi
- Memberi Kejelasan Tanggung Jawab.
- Menjelaskan Kedudukan dan Koordinasi Masing-masing Penyusun Perusahaan. ...
- Menjelaskan Bagaimana Jalur Hubungan antara Masing-masing Hierarki. ...
- Memberikan Uraian Tugas yang Dibebankan Secara Jelas.
Apa saja ciri ciri organisasi fungsional?
Ciri-ciri organisasi fungsional adalah sebagai berikut. Terdapat pemisahan yang tegas dalam pemberian tugas. Pelaksanaan tugas tidak banyak memerlukan koordinasi sebab tugas-tugas sudah cukup jelas. Koordinasi hanya perlu dilaksanakan di pimpinan jenjang atas.
Mengapa setiap lembaga memerlukan struktur organisasi?
KOMPAS.com - Struktur organisasi sangat diperlukan dalam organisasi karena berperan untuk mengatur hubungan antarunit kerja, serta melakukan pembagian dan pengoordinasian tugas serta wewenang secara lebih efektif.
Apa kelebihan dari organisasi lini dalam hubungannya di antara para karyawan?
1.rasa solidaritas pegawai biasanya tinggi. 2.pengendalian mudah dilaksanakan dengan cepat. 3.adanya penghematan biaya. 4.disiplin pegawai tinggi dan mudah dipelihara.
Post a Comment for "Pengertian Organisasi Lini Dan Staf"