Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Retensi Arsip

Retensi Arsip adalah jangka waktu penyimpanan yang wajib dilakukan terhadap suatu jenis arsip.

Apa tujuan dari adanya retensi arsip?

Kegunaan Jadwal Retensi Arsip sebagai alat kontrol untuk mengetahui kelas, bobot informasi dan nilai guna arsip sejak arsip diciptakan, sebagai dasar untuk mengidentifikasi dan menyeleksi arsip vital, penting dan tidak penting, sebagai dasar pemindahan arsip in aktif dari unit pengelola ke unit kearsipan, sebagai dasar

Apa yang dimaksud retensi arsip dan bagaimana penentuan masa retensi suatu arsip?

Retensi Arsip adalah jangka waktu penyimpanan yang wajib dilakukan terhadap suatu Jenis Arsip.

Bagaimana cara melindungi Retensi Arsip jelaskan?

Cara melindungi retensi arsip Selain tempat menjadi faktor utama penyimpanan surat tersebut, petugas arsip harus mampu menjaga dan menyimpan rahasia terhadap arsip surat yang ada pada tempat penyimpanan tersebut. Selain itu juga, penyimpanan arsip harus selektif dan sesuai dengan kategori surat.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan retensi dokumen berdasarkan fungsinya?

Menurut Undang-Undang No.43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, yang dimaksud dengan retensi dokumen atau arsip adalah jangka waktu untuk penyimpanan dokumen arsip yang harus dilakukan oleh sebuah organisasi untuk setiap jenis arsip, yang di dalamnya berisi keterangan yang tentang rekomendasi mengenai pemusnahan, penilaian

Berapa lama arsip harus disimpan?

Catatan keuangan yang telah dibuat oleh perusahaan wajib disimpan selama kurun waktu 10 tahun, hingga masa retensi dari dokumen keuangan telah habis. Jangka waktu di atas harus disusun oleh perusahaan dalam bentuk Jadwal Retensi Arsip (JRA) yang telah ditetapkan dengan keputusan pimpinan perusahaan.

Langkah langkah dalam menyusun Jadwal Retensi Arsip?

Cara Penetapan Jadwal Retensi Arsip

  1. Penyusunan rancangan dilakukan oleh tim kerja yang setidaknya terdiri dari beberapa fungsi, yaitu pimpinan bagian kearsipan, arsiparis, dan juga unit pengolah arsip.
  2. Melakukan identifikasi tugas dan fungsi untuk mendata arsip yang dilaksanakan secara komprehensif dan tepat guna.

Apa saja keuntungan dan tujuan Jadwal Retensi Arsip?

Tujuan Penyusunan Jadwal Retensi Arsip

  • Terhindar dari pemborosan (inefisiensi)
  • Terwujudnya konsistensi dalam program penyusutan (Memudahkan penyusutan)
  • Terjaminnya keselamatan bahan pertanggungjawaban nasional.
  • Memudahkan temu kembali arsip/rekod.
  • Memenuhi perundang-undangan.

Apa yang akan terjadi jika suatu instansi tidak memiliki Jadwal Retensi Arsip?

Tanpa JRA maka pemerintah daerah akan hidup tanpa memori karena tidak akan diketahui arsip masa saja yang harus dilestarikan sebagai warisan dan bahan pertangungjawaban kepada generasi yang akan datang.

Berapa lama arsip bisa dimusnahkan?

b. Pemusnahan arsip yang memiliki retensi sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) tahun ditetapkan oleh Gubernur setelah mendapat: 1) Pertimbangan tertulis dari panitia penilai arsip; 2) Persetujuan tertulis dari Kepala ANRI. Pelaksanaan pemusnahan arsip tersebut menjadi tanggungjawab Lembaga Kearsipan Daerah Provinsi.

Pemeliharaan arsip meliputi apa saja?

1. Pemeliharaan Arsip Dinamis adalah kegiatan menjaga keutuhan, keamanan, dan keselamatan Arsip baik fisik maupun informasinya yang meliputi kegiatan pemberkasan dan penyimpanan Arsip Aktif, penataan dan penyimpanan Arsip Inaktif, dan Alih Media Arsip.

Apa saja syarat syarat arsip?

Sebutkan syarat-syarat arsip

  • Merupakan kumpulan warkat.
  • disimpan menurut sistem tertentu.
  • mempunyai nilai kegunaan.
  • apabila diperlukan dapat ditemukan secara tepat dan cepat.

Ijazah termasuk jenis arsip apa?

Dalam bidang kearsipan, Ijazah merupakan arsip vital. Arsip vital adalah arsip yang keberadaannya merupakan persyaratan dasar bagi kelangsungan operasional pencipta arsip, tidak dapat diperbarui, dan tidak tergantikan apabila rusak atau hilang.

Apa perbedaan antara arsip aktif dan arsip pasif?

Arsip aktif, ialah arsip yang masih sering digunakan bagi kelangsungan kerja; Arsip inaktif, adalah arsip yang jarang sekali dipergunakan dalam proses pekerjaan sehari-hari.

Arsip keuangan termasuk arsip apa?

Pasal 1 Dalam Keputusan ini yang dimaksud dengan : 1. Arsip adalah sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 1971. 2. Arsip Keuangan adalah Arsip yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan/fiscal yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pertanggungjawaban.

Kegiatan apa saja yang ada dalam penyusutan arsip?

Penyusutan Arsip adalah kegiatan pengurangan jumlah arsip dengan cara pemindahan Arsip Inaktif dari unit pengolah ke unit kearsipan, pemusnahan arsip yang tidak memiliki nilai guna, dan penyerahan arsip statis kepada lembaga kearsipan.

Mengapa Jadwal Retensi Arsip harus diterbitkan?

Jadwal Retensi Arsip (JRA) merupakan alat yang amat penting dalam manajemen kearsipan, karena dapat memberi sumbangan nyata pada upaya peningkatan efisiensi operasional instansi dan memberi proteksi terhadap arsip yang karena memuat informasi bernilai guna tinggi agar dapat dilestarikan.

Apa yang dimaksud dengan filling?

Kearsipan atau filing menurut (Ig Wursanto, 1991 : 19) yaitu proses kegiatan pengurusan atau pengaturan arsip dengan memepergunakan suatu sistem tertentu, sehingga arsip-arsip dapat ditemukan kembali dengan mudah dan cepat apabila sewaktu – waktu dibutuhkan.

Apa penyebab rusaknya arsip?

Arsip dapat rusak karena beberapa faktor, yaitu faktor biologis, faktor fisik, dan faktor kimiawi. Selain itu, ada faktor lain seperti banjir, kebakaran, dan kerusakan akibat perbuatan manusia yang sengaja maupun tidak disengaja.

Kenapa dinamakan arsip dinamis?

Arsip dinamis adalah arsip yang digunakan secara langsung dalam kegiatan pencipta arsip dan disimpan selama jangka waktu tertentu.

Post a Comment for "Pengertian Retensi Arsip"